Proses Pembuatan Amplang

15 Jul 2012

Proses Pembuatan Amplang, Mudah Koq!

Yang pasti, amplang ini terbuat dari campuran ikan tenggiri, tepung tapioka, telur dan gula, lalu diberi bumbu khusus. Bumbunya, menurut pegawai peracik bumbu di dapur sudah menjadi rahasia umum. Seperti merica, bawang, garam, dan sedikit jeruk. Namun jumlah dan cara mencampurnya yang berbeda.

Mula-mula Ikan tenggiri dikerik untuk diambil dagingnya. Daging ikan lalu dicampur dengan telur dan bumbu hingga berwarna kecoklatan. Adonan krupuk ini lalu diaduk, diremas-remas, agar benar-benar bercampur dan bumbunya meresap. Adonan lalu dicampur dengan tepung tapioka, diaduk-aduk, dibanting-banting, hingga menyatu. Baru kemudian dicetak, dipotong-potong aneka bentuk. Ada yang panjang, bulat, kotak, sesuai selera. Potongan krupuk langsung digoreng di wajan besar penuh berisi minyak panas. Penggorengan dilakukan berulang-ulang, hingga krupuk berwarna kecoklatan dan dirasa cukup renyah. Tak jarang setelah krupuk diangkat dari penggorengan, tapi dirasa kurang renyah setelah dicicipi, akan digoreng lagi.

Proses Pembuatan Amplang, Agar Terasa Nikmat

Agar amplang terasa nikmat, ikan tenggiri yang digunakan harus yang benar-benar segar. “Tak boleh ikan yang sudah menginap, karena akan mempengaruhi rasa dan aroma amplang,” tegas yang masak Amplang. Adakalanya, meski sudah memakai ikan segar, amplang belum tentu sesuai yang diharapkan. Tanda-tanda bahwa amplang tidak jadi, kata juru racik, terlihat dari lamanya penggorengan. “Kalau amplang bagus, digoreng sebentar saja sudah renyah. Tapi kalau cukup lama digoreng tidak renyah juga, berarti tidak jadi,” tambahnya.

proses pembuatan amplang

proses pembuatan amplang

Proses Pembuatan Amplang, Setelah Selesai Langsung Dipasarkan

Kenikmatan amplang pun mulai mendunia secara tak sengaja. Kerap pembeli amplang  membawanya sebagai oleh-oleh buat kerabat di luar Kalimantan. Beberapa turis mancanegara dan para ekspatriat yang kebetulan banyak tinggal di Kalimantan pun selalu menyempatkan diri mencicipi amplang asli Kalimantan. Beberapa diantaranya menawarkan untuk mengekspor penganan ini. “Tapi kami tak siap mengirim amplang ke luar negeri. Tak ada modal, pekerja kami pun terbatas,” aku Si Penjual Amplang. Industri makanan rakyat satu ini tergolong industri rumah tangga bermodal kecil yang diwariskan secara turun temurun.

dikutip tulisan dr Sdr. Ary Amhir
© 2009 Kompas


TAGS Proses Pembuatan Amplang


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post