Amplang Ikan Banjarmasin

28 Jul 2012

Amplang Ikan

Amplang Ikan

Amplang Ikan, Oleh - Oleh Khas Kalimantan

Salah satu oleh-oleh Kalimantan Selatan yang wajib di bawa adalah Amplang Ikan karena asli buatan Kalimantan Selatan. Amplang adalah sejenis krupuk yang terbuat dari campuran tepung tapioka, bumbu rempah, dan ikan pipih atau ikan tenggiri. Ikan pipih atau ikan tenggiri inilah yang menjadikan amplang begitu gurih dan kriuk-kriuk ketika digigit. Sebenarnya, tidak ada keharusan menggunakan kedua jenis ikan tersebut sebagai bahan dasarnya.

Rasanya yang gurih dan lezat membuat makanan ringan ini menjadi primadona bagi pemudik maupun wisatawan asing yang sedang berkunjung ke Pulau Borneo.
Jajanan ini memiliki ukuran seujung jari kelingking yang meruncing dan terbuat dari campuran ikan tengiri, tepung serta bumbu rempah yang khas. Rasanya yang gurih sangat cocok dijadikan cemilan di kala santai.

Amplang Ikan - Cemilan Renyah dan Gurih

Amplang Ikan yang biasanya terbuat dari ikan tenggiri, setealah dimasak dan siap disajikan merupakan cemilan yang renyah dan gurih enak dimakan kapanpun dan dimanapun. Macam-macam Amplang seperti Amplang Ikan Samarinda, Amplang Ikan Kotabaru, Amplang Ikan Kuku Macan, dan Ada juga yang menyebut Amplang Ikan Banjarmasin. Tidak semua amplang rasanya sama walau menggunakan bahan yang sama kalau pengolahan dan bumbu caranya berbeda pastilah rasanya akan berbeda, tingkat kerenyahan  dan gurih sudah pasti berbeda.


TAGS Amplang Amplang Ikan Amplang Banjarmasin Krupuk Amplang


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post